Beasiswa Pemerintah Turki (Türkiye Bursları)

Setelah sekian lama 'bersemedi' dan enggan untuk berlayar di sini, akhirnya hari ini saya putuskan untuk mulai berlayar kembali di kapal sederhana ini. Biarpun sederhana tapi ia mampu membawa berlayar hingga jauh ke belahan bumi manapun.

Tak bisa dipungkiri bahwa jari-jemari saya ini masih sedikit kaku untuk mulai tulis-menulis dan merangkai barisan kata lagi namun karena saya ingin menjadi bagian dari sejarah yang tak terlupakan maka saya akan mulai untuk menulis lagi dan "mengikat ilmu dengan menuliskannya" sebagaimana pesan sahabat Ali bin Abi Thalib ra. 

Kali ini saya akan sedikit mengupas tentang beasiswa penuh dari pemerintah Turki. Jadi ceritanya, setelah saya memberi kabar kepada keluarga, teman-teman, adik-adik dan semua orang di sekitar saya bahwa saya diterima full scholarships di Turki, kemudian semuanya mulai membanjiri saya dengan berbagai pertanyaan tentang beasiswa ini. Jadi, sebagai wujud pemenuhan janji saya untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu saya menuliskan informasinya di sini.

Türkiye Bursları

Beasiswa Türkiye Bursları adalah salah satu dari sekian banyak pilihan beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan program studi S1, S2, S3 atau Research di Turki. Beasiswa ini adalah jenis beasiswa penuh dan tidak mengikat yang disediakan oleh pemerintah Turki.

Rincian Beasiswa (2014)

1. Uang saku tiap bulan
S1 600 TL
S2 850 TL
S3 1200 TL
Research 3000 TL
Jangan khawatir uang saku diatas tidak cukup, menurut saya_yang anak S1 dan tinggal di asrama_ uang saku ini cukup dan kalau pintar mengatur keuangan bisa juga ditabung.

2. Bebas Uang kuliah
Ini sudah jelas sekali, beasiswa ini beasiswa penuh jadi kita tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah yang kita perlukan hanya belajar yang rajin dan sungguh-sungguh, kalau bisa malah jadi mahasiswa gemilang yang mengharumkan nama bangsa. 

3. Tinggal di asrama pemerintah secara gratis
Jika lolos beasiswa ini kita akan di tempatkan di asrama pemerintah/swasta dengan fasilitas yang cukup membuat kita tersenyum manis, yaitu free wi-fi 24 jam, ruang belajar, Mushola, kantin, tempat olahraga, laundry gratis_kita hanya perlu mendaftarkan nama dan menulis tanggal kita akan menyerahkan pakaian kotor itu dan abla (panggilan untuk kakak atau bibi perempuan) yang baik hati sudah siap mencucikan baju kita dengan mesin ajaibnya_ atau dibeberapa asrama disediakan mesin cuci dan kita sendiri yang mencuci. Namun, jika kita tidak ingin tinggal di asrama kita bisa menyewa flat, rumah atau apartemen dengan biaya sendiri.

4. Makan Pagi dan Malam 
Jika kita tinggal di asrama pemerintah maupun asrama swasta kita akan mendapatkan jatah makan pagi dan malam secara gratis. Umumnya jatah makan pagi 3 TL dan malam 6 TL (tergantung asrama masing-masing). Jika kita mengambil lebih dari itu maka kita harus membayar kelebihannya. Tapi, jatah makan itu sudah cukup banyak menurut saya, terkadang saya malah masih sisa dan bingung harus mengambil apa sisanya, tapi kadang juga nambah sih.

5. Memperoleh asuransi kesehatan

6. Kursus bahasa Turki selama satu tahun
Satu tahun pertama kita diwajibkan untuk mengikuti kelas persiapan bahasa Turki dan tahun berikutnya baru kita mulai perkuliahan di jurusan masing-masing.

7. Tiket Pesawat Turkish Airlines Pulang-Pergi satu kali
Kita di berikan tiket pesawat satu kali saat pertama keberangkatan ke Turki dan setelah selesai masa studinya di Turki. Tapi, jangan khawatir jika ketika liburan ingin pulang kita bisa menabung menggunakan uang saku beasiswa kita untuk membeli Tiket pulang.

Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk apply beasiswa Türkiye Bursları 

1. Ketentuan usia
  • Usia tidak melebihi 21 tahun ketika mendaftar untuk jenjang S1 (undergraduate)
  • Usia tidak melebihi 30 tahun ketika mendaftar untuk jenjang S2 (Master)
  • Usia tidak melebihi 35 tahun ketika mendaftar untuk jenjang S3 (Doctoral)
  • Usia tidak melebihi 45 tahun ketika mendaftar untuk Research

2. Ketentuan nilai akademik
  • Untuk undergraduate nilai minimum 70%
  • Untuk Master dan doctoral 75 %
  • Khusus untuk jurusan Kedokteran 90 %

3. Dokumen 
  • Ijazah (Jika saat pendaftaran ijazah belum keluar maka bisa melampirkan surat keterangan dari sekolah)
  • Transkrip Nilai dari semester satu hingga akhir
  • Nilai Ujian Nasional (jika sudah keluar)
  • International Languange Test Score (optional)
  • Sertifikat atau Piagam penghargaan yang dimiliki (optional)
  • ID card /  pasport / akta kelahiran
  • Surat rekomendasi (optional)
Berikut ini saya lampirkan contoh file transkrip nilai rapor dan surat rekomendasi untuk mendaftar S1. Untuk mendownloadnya klik DI SINI.

Tahapan seleksi

1. Seleksi Dokumen
Tahapan seleksi dokumen adalah tahap awal yang penting untuk mendapatkan beasiswa ini, di sini kita harus mengisi form online secara manis dan berkesan agar menarik hati panitia penyeleksi sehingga kita bisa lolos ke tahap selanjutnya.
di dalam formulir online ini ada isian yang menurut saya sangat penting yaitu tentang :

- Fields of interest, hobbies, and volunteering
Di sini kita harus mengisi dengan 1000 karakter. Usahakan isi dengan singkat, jelas dan bisa memancing perhatian. Isian ini kesannya simple hanya disuruh menjelaskan tentang hobi dan kesukaan kita tapi jangan terkecoh dengan ini. Di isian ini sebenarnya mereka itu ingin melihat seperti apakah kita, aktivitas apa yang selama ini telah kita kerjakan dan manfaatnya untuk orang lain. Usahakan isi dengan hobi atau kegiatan yang membawa manfaat untuk orang lain yang telah kita lakukan dan masih berhubungan dengan jurusan yang ingin kita ambil.

- Letter of Intent (2014)
Di bagian letter of intent ada 3 macam isian dan masing-masing isian diisi dengan 1000 karakter berikut ini
  • Please explain your expectations from studying in Türkiye and express your future plans : Pada isian ini tuangkan harapan dan keinginan kita jika kita belajar di Turki dan jelaskan ide-ide cemerlang kita di masa depan jika kita di terima belajar di sana dengan jurusan yang kita pilih dan apa yang akan kita lakukan setelah lulus dari sana. 
  • Please explain the reasons why you choose Türkiye for higher education : Pada kolom ini ungkapkan kenapa kita memilih Turki dan yakinkan mereka bahwa kita adalah orang yang layak dan pantas untuk dipilih. jelaskan dengan bahasa yang singkat dan tidak ada kesan kesombongan.
  • Please express the reasons for your department/program of study preferences and briefly explain how your educational background relates to your preferences  : Di isian ini jelaskan alasan yang kuat tentang jurusan yang kita pilih, dan jelaskan tentang pengalaman atau apapun itu yang mendukung jurusan yang kita pilih. Buat mereka yakin bahwa jurusan yang kita pilih itu memang cocok untuk kita.

2. Wawancara
Setelah masa penantian selama kurang lebih satu bulan dari pendaftaran online, jika kita lolos ke tahap selanjutnya kita akan mendapatkan e-mail tentang undangan wawancara dari pihak Turki burslari. Wawancara ini adalah tahap akhir sekaligus tahap penentuan. Kita akan di wawancarai oleh tiga orang Turki dan wawancara menggunakan bahasa Inggris. Ibaratnya wawancara adalah ujian lisan. Sebisa mungkin kita harus santai tapi serius, tenang dan nikmati proses wawancaranya. Berikan jawaban yang meyakinkan, buat suasana menyenangkan dan taklukkan hati mereka untuk memilih kita.

Setelah Tahap wawancara kurang lebih satu bulan kemudian hasilnya akan di umumkan. Kita akan mendapatkan e-mail apakah kita di terima atau tidak. Untuk mengetahui postingan saya tentang wawancara beasiswa ini bisa klik DI SINI.

Informasi mengenai beasiswa ini bisa langsung di akses di website resminya klik Turkiye Burslari.
calender YTB 2014 sumber : www.turkiyeburslari.gov






Selamat berjuang semoga sukses :)


*pengalaman kuliah di Turki part 1 Klik di sini
*pengalaman kuliah di Turki part 2 klik di sini

" Merantaulah... maka kau akan mengerti mengapa air itu mengalir..."

Komentar

  1. assalamualaikum ,, all praises to allah , i've found bravo information,, is there scholarship S3 tafsir hadis ? please answer.. syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. WaalaikumussalamWarahmatullah..., maaf saya kurang tahu pasti untuk S3, sepertinya ada, coba cek di website resminya :)
      kalau tahun angkatan saya ada yang di terima di jurusan Tefsir tapi S2 :)

      Hapus
  2. asalamualaikum mbk, mbk saya tertarik juga ikut scholarship ini, kira-kira kapan ya pembukaan yang tahun 2015? saya buka webnya blm ada info. dan apakah saat aplly kita harus sudh memiliki toefl/ ielts dll? lalu untuk jurusan s2 yang bisa diambil di scholarship ini apa saja si? matur suwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam mb...
      InshaAllah dibuka sekitar bulan maret atau april, stay terus di website resminya ;)
      Toefl optional tapi akan lebih baik lagi jika disertakan karena akan menambah nilai plus.. :)

      Hapus
  3. assalamu'alaikum kak, saya mau tanya. untuk transkrip nilai dan ijazah, harus ditranslate atau tidak perlu? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam... :)
      saat mendaftar online transcript nilai dalam bahasa inggris, kalau ijazah bisa ijazah aslinya...
      setelah dinyatakan diterima beasiswa ini ijazah wajib di translate dalam bahasa inggris

      Hapus
  4. Assalamualaikum, Kak..
    Pada web yang ada di link di atas sudah ada announcement pembkaan pendaftaran. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut, seperti mengisi form dan lain-lain.
    mohon bantuan dan penjelasannya..
    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...
      iya memang sudah ada announcement kalau pembukaan akan dibuka pada bulan februari, tapi tenang dan sabar dulu karena memang belum di buka prndaftarannya :-) ;-)
      baru announcement saja...

      Hapus
  5. assalamualaikum... kak khusnul hidayah
    artikelnya sangat membantu sekali :) specially for me, because i am planning to take an admission in that scholarship. by the way i have few questions that i would like to ask, i have a doubt on nilai akademik dan international language test score

    mengenai section nilai akademik dan international language score. referring to my first question, nilai akademik tersebut dilihat dari rata-rata nilai raport ataukah hasil nilai ujian nasional? kemudian, saya memiliki sertifikat test EFL bisakah saya menyertakan sertifikat tersebut?

    terimakasih banyak kak khusnul hidaya
    regards
    cemy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam dek cemy...
      wah, Alhamdulillah klu bisa membantu tulisan sederhana ini..
      kalau untuk penilaian itu menurut saya dilihat dari nilai rapor, essay, dan pengalaman sepertinya...
      nilai juga bukan jaminan utama sih, kuncinya itu ada saat seleksi wawancara, ambil hati mereka dan yakinkan mereka untuk memilih kita...hehe :-D

      Hapus
  6. Kak khusnul... boleh minta CP ato FB-nya dongg.. biara enak kalo aku mau nanya2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo adek...
      sebenarnya di blog ini sudah kakak cantumkan lho, mungkin bisa terlihat kalau di buka lewat pc ;-)

      Hapus
  7. permisi mbak, saya mau nanya seputar transkrip nilai. itu kan kata mbak harus dalam bahasa inggris ya. nah, itu kita sendiri yg translate ato dari pihak sekolahnya ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari sekolah menyediakan bisa minta dari sekolah, tapi kalau tidak bisa membuat sendiri kemudian di serahkan ke sekolah untuk di ttd kepala sekolah :)

      Hapus
  8. Assalamualaikum. Kalau buat letter of intent itu, ditulis tangan atau di ketik ?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...
      karena ini sistem aplikasi online jadi sudah disediakan kolom isian di sistem aplikasinya tinggal diisi di kolom tersebut :-)


      Hapus
  9. Assalamualaikum..
    mbak, letter of intents apakah harus 1000 characters? bagaimana jikalau kurang?
    untuk surat rekomendasi kalau hanya mengirim 1 bagaimana? sebab saya baca di blog lain ada yg mengirim 2.
    ID Card apakah perlu diterjemahkan?
    terimakasih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam....
      -kurang dari 1000 character tidak masalah
      -surat rekom optional boleh menyertakan 1, 2, 3, atau berapapun terserah.
      -id card tidak perlu diterjemahkan.

      Hapus
  10. Wassalamu'alaikum, terima kasih infonya, tapi yang mau saya tanyakan apakah ada pertimbangan lain jika saat kita mendaftar untuk S3 umur sudah diatas 35 tahun, karena pada saat ini saya masih menempuh S2 dan kemungkinan lulus diusia 36-37 tahun, jujur saya sangat berminat untuk melanjutkan S3 di Turki. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang tertulis di persyaratan usia tidak melebihi 35 tahun ketika mendaftar untuk jenjang S3. Tapi, mungkin bisa dipantau terus di web resminy, persyaratan bisa berubah sewaktu-waktu. dan bisa di coba kak :)
      good luck

      Hapus
    2. ok terima kasih banyak infonya

      Hapus
  11. Assalamu 'alaikum kak. Terimakasih atas infonya. Kak saya mau nanya insya Allah saya mau mencoba beasiswa S1 turki ini tahun 2016. Saya mau nanya kak kalo dokumen yang ditranslate itu kita memakai jasa penerjemah tersumpah bisa tidak? Seperti ijazah kan juga ditranslate, lalu untuk tanda tangan dokumennya kita harus minta lagi atau gimana ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
  12. Assalamu 'alaikum kak. Terimakasih atas infonya. Kak saya mau nanya insya Allah saya mau mencoba beasiswa S1 turki ini tahun 2016. Saya mau nanya kak kalo dokumen yang ditranslate itu kita memakai jasa penerjemah tersumpah bisa tidak? Seperti ijazah kan juga ditranslate, lalu untuk tanda tangan dokumennya kita harus minta lagi atau gimana ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam dek :)
      untuk dokumen bisa memakai jasa penerjemah tersumpah, nanti sudah di sahkan dan di ttd oleh pihak penerjemah tersumpah. saya dulu untuk mendaftar tidak memakai penerjemah tersumpah, ijazah saya belum saya terjemahkan pas daftar. hanya saja saya memakai transcript nilai dalam bahasa inggris yang di sahkan pihak sekolah, nah, pas sudah lulus dan mau berangkat ke turki baru deh saya terjemahkan ijazah dan skhun saya. eh, bisa juga lho terjemahin dokumen di sekolah nanti minta pihak sekolah buat ngasih stempel sama ttd gitu.
      good luck ya :)

      Hapus
  13. Oh iya kak mau nanya lagi. Saya lihat kan contoh transkrip nilai raport kakak dibuat di lembar kertas dengan kop surat sekolah dan diberi ttd oleh kepala sekolah. Ama memang bentuk rapotnya memang kayak gitu, atau itu transkip nilai raport yg dibuat lebih simple? Soalnya saya juga pingin buat kayak gitu sih soalnya raport saya bentuknya ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau transcript memang dibuat simple gitu dek. kalau raport asli berlembar-lembar :)
      kalau sekolahnya bersedia minta dibuatin sekolah transcriptnya, kalau nggak buat sendiri trus minta pihak sekolah buat ngesahin. saya dulu bikin sendiri semuanya trus minta pihak sekolah buat ngoreksi sama ngesahin.

      Hapus
    2. Asalamualaikum,
      Mba dimana ya sqyq bisa liat contoh trnskripnya?
      Makasi ya mba

      Hapus
    3. waalaikumussalam, ada sudah pernah saya upload di postingan sebelumnya tentang beasiswa pemerintah Turki :)

      Hapus
  14. aslm
    mas saya nanya ya

    jadi essainya dari 4 pertanyaan itu saja ya? tt hobi dan 3 pertanyaan selanjutnya. Motivasi letter yg biasa utk ngajuin beasiswa di tempat di gantikan sama essai ini ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam....,
      saya perempuan btw :D
      tergantung sih, tiap tahun bisa beda-beda tapi kurang lebih nggak jauh beda.

      Hapus
  15. Maaf mas nanya lagi :D

    letter of intens itu kan ada 3 pertanyaan, itu masing2 1000 kata / pertanyyan atau 1000 kata utk 3 pertanyaan.? terimakasih

    BalasHapus
  16. Kak.. Transcript raport nya di isi di bagian yg man ya kak..?
    Thanks ka..

    BalasHapus
  17. Kak.. Transcript raport nya di isi di bagian yg man ya kak..?
    Thanks ka..

    BalasHapus
  18. Halooo kak, saya juga punya pertanyaa yg sama, transkrip nilai rapotnya itu di upload/di isi di bagian mana ya kak? Ini sudah sampai tahap akhir kak tapi tidak ada menemukan tempat upload trankrip nilai rapotnya kak:) mohon pencerahannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo dek....,
      maaf baru baca, ternyata kamu pernah komen disini...haha :D

      Hapus
  19. Assalaamualaikum wr. wb.

    Kak, untuk surat referensi adakah format khusus dari pihak penyelenggara beasiswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam....
      tidak ada format khususnya kok.

      Hapus
  20. permisi qaqa
    cuman mau nanya doang nih. soalnya masih agak ambigu ni di otakku. maksudya itu kakak belajar bahasa turki dulu setahun baru masuk kuliah. ato, les bhs. turkinya itu berbarengan dengan kuliahnya.
    makasih telah mau berbagi pengalamannya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai...,
      jadi sesampainya di Turki itu kita belajar bahasa turki dulu setahun pertama, habis itu tahun kedua baru memulai perkuliahan :)
      terimakasih sudah mampir ;)

      Hapus
  21. assalamualaikum ka, trims ya kak, tulisannya sangat membantu bangeet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...,
      sama-sama. terimakasih juga sudah mampir. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  22. Assalamua'laikum, mbak zahra, kalo daftar S1 persayaratannya sama aja kan ?? baik adm dan wawancaranya ?? jzklh khoir

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikmussalam...
      halo, kmungkinannya begitu. tidak akan jauh berbeda.

      Hapus
  23. Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barokatuh. Merhaba, Mbak Khusnul.
    Apakah skrg persyaratan berkas pendaftaran menjadi lebih kompleks ya? Karena untuk level master juga turut melengkapi ijazah & nilai raport semasa SMA.
    Apa benar jika non-linier kemungkinannya menjadi lebih kecil untuk diterima?
    Bisakah saya kontak Mbak Khusnul via email? Ada bbrp pertanyaan yang ingin saya ajukan.
    Tesekkur ederim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam....
      Bisa jadi tapi nggak berbeda jauh sepertinya, bisa langsung di cek di web resminya kalau soal persyaratan pendaftaran ya bang😊
      Lebih kecil tidak berarti tidak mungkin kan, ada beberapa teman yang mengambil non-linear juga bisa lulus karena dia punya alasan yang kuat dan bisa meyakinkan tim penyeleksi kalau dia memang pantas di jurusan yang dia mau😊

      Hapus
    2. Bisa email ke hidezehra@gmail.com
      😊😊😊

      Hapus
  24. Assalammualaikum
    Kak, tadi saya lagi berburu beasiswa di beberapa negara melalui gogle :D.
    Dan ketemu dengan si turki buslari ini.
    Setelah baca baca baca, sepertinya menarik hati saya juga nih beasiswa.

    Tapi pas saya mampir ke blog kakak, ada tertulis kalau sudah penyeleksi administration, akan ada tes wawancara. Nah, itu tes wawancaranya melalui apa? Apakah online atau disuruh datang ke kedutaan turki yg ada di indonesia, kah?

    Dan terakhir, pas kakak dites lisan ini, apa" saja yang ditanyakan mereka? Dan reaksi kakak seperti apa? Nerveous kah atau dak dik duk gitu?
    Sekian. Terima kasih

    Assalammualaikum ^~^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikmussalam...
      Hai.. Mksh sudah mampir kesini..
      Saya sudah menuliskan tentang wawancara di blog ini juga....😊😊
      hidazzahra.blogspot.com.tr/2014/11/wawancara-beasiswa-turki.html?m=1

      Hapus
  25. Afwan, pertanyaan saya belom dibales Mbak Khusnul hehe. Tesekkurler.

    BalasHapus
  26. kak, saya mau download tapi linknya error, bisa direupload kak ? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, iya kah? nanti ya saya reupload lagi habis selesai ujian.hehe, kebetulan sebenarnya mau sekalian pindah blog sih. pengen bikin blog baru..huhu. pengen bikin baru yang lebih produktif.

      Hapus
    2. hai taufik, sudah saya reupload ya, coba dibuka sudah bisa belum :)

      Hapus
  27. KAK, web contoh transkirpnya eror, gk bisa dibuka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, nanti ya saya cek lagi. nanti setelah ujian :D

      Hapus
    2. hi... sudah saya reupload ya, coba di cek...:)

      Hapus
  28. Kak aku mau nanya kan kalo ijazah blm keluar gantinya surat keterangan dari sekolah,nah itu yg di upload di form sbg ijazah sementara?trus surat keterangan itu harus b inggris?jadi kalo dari sekolah bahasa indo surat keterangan perlu di terjemahin ke sworn translator atau minta dari sekolah dlm b inggris atau kita terjemahin sendiri nanti minta tanda tangan?atau gak perlu di translate?
    Thanks kak maaf bnyk nanya hehe ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...
      Nggak perlu ke sworn translator. Cukup minta sekolah buatkan dalam bentuk bahasa inggris aja, biasanya sih sekolah menyediakan. Eh, iya punya temenku dulu ada juga yang ngosongin dulu bagian ijazahnya, sama bagian nilai unnya pas daftar. Soalnya emang belum keluar waktu itu hasilnya. Terus pas wawancara dia bawa skhuns��

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum Mbak.
    Salam kenal, saya Jeki dari Jambi. Saya rencananya mau apply beasiswa S2 turki ini Mbak, di Geography Department. Untuk jenis beasiswa yang ditawarkan sesuai bidang saya ada İbni Haldun Social Sciences Scholarship dan Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship, dan saya pilih İbni Haldun Social Sciences Scholarship. Setelah saya coba isi di preference, cuma ada 4 pilihan yang ditawarkan di jurusan saya Mbak. Pertanyaan saya, apakah saya cuma boleh apply 1 jenis beasiswa itu saja ? Atau nanti boleh keduanya (İbni Haldun Social Sciences Scholarship dan Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship) ? Bagaimana caranya ? Mohon penjelasannya Mbak mengingat jurusan saya cuma ada 4 universitas yang menawarkan kalau cuma di İbni Haldun Social Sciences Scholarship. Kalau di Ali Kuşçu Science and Technology, saya bisa tambah pilihan dengan memilih geography tekniknya Mbak.
    Dan juga, kalau berkenan, saya boleh minta contoh LoI nya Mbak ? Ini e-mail saya : jeki.geounp@gmail.com

    Terima kasih Mbak sebelumnya.

    BalasHapus
  31. selamun aleykum kak

    ka, kan saya sekolahnya di pondok modern semisal Gontor
    nah ijazahnya bermuadallah..jadinya gimana kak😢😢😢

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum kak, saya mau tanya perihal transkip rapor jika formatnya hanya seperti kakak apa boleh? karena rapor saya kan persemester lalu harus di translate ke bahasa inggris. apakah format transkip rapor seperti yg kakak lampirkan bisa jadi optional untuk saya?

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum kak, saya mau tanya perihal transkip rapor jika formatnya hanya seperti kakak apa boleh? karena rapor saya kan persemester lalu harus di translate ke bahasa inggris. apakah format transkip rapor seperti yg kakak lampirkan bisa jadi optional untuk saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam :)
      boleh, punya saya juga rapornya per semester kemudian saya buat sendiri dengan model seperti yang saya lampirkan di atas :)

      Hapus
  34. Assalamualaikum.
    Mau nanya kak, nilai rata2 UN aku cuma 6 komaan. Tapi rata2 ijazah 8 komaan. Untuk kasus nilai UN yang kurang dari syarat, apa bisa kita tutupi dengan kita punya sertifikat lomba, organisasi dan relawan kak?
    Aku apply tahun 2017 kemarin dan gak lolos di tahap administrasi.
    Mohon informasi kak.

    BalasHapus
  35. Aac magacegu waa maxamed suldan xasan waxana kunolahay mudisho somali waxaan ubahanahay deeq wax barasho ah arintaas ma'igu cawinkartaan wax walbo oo la'iskarabo wan hestaaa dhalasha basaboorka shahadada .dugsiga saray walidkeykuna waa iska faqiir waba mahayan. Talefunkeyga waakan 0618333826

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum kak! Saya izin bertanya, apakah transkrip raport cukup yg dari SMA saja atau pakai juga yg SMP? Untuk tahun 2022, terima kasih kak 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK